Kesehatan / Informasi / Wajib Disimak! Inilah Dampak Negative Musik Bagi Anak Muda

Wajib Disimak! Inilah Dampak Negative Musik Bagi Anak Muda

Setiap orang pasti suka mendengarkan music termasuk anak-anak muda. Buat kamu yang suka music bacalah baik-baik artikel ini karena, artikel ini akan memberikan informasi penting bagi kesehatan kamu yang sehari-haru tidak pernah absen mendengarkan music.

  1. Kesehatan Telinga

penelitian terbaru mengenai dampak terlalu banyak mendengarkan music adalah kerusakan yang akan terjadi padaa telinga jika terlalu sering mendengarkan music baik memakai atau tidak memakai earphone, jika kita memakai earphone dalam seminggu selama lima jam akan berdampak permanent terhadap gangguan telinga kita, kejadian ini banyak terjadi pada anak muda karena, anak muda menganggap bahwa music merupakan kebutuhan wajib di setiap kegiatan mereka. Selain itu jika volume dari music yang kita dengar telalu tinggi sehingga membuat kita tidak mendengar suara selain music kita, akan membuat gendang telinga sakit. Dampaknya memang tidak langsung kita rasakan akan tetapi, seiring dengan kebiasaan yang tidak bisa terkontrol bisa menjadi boomerang bagi kita sendiri. So save your ear

  1. Menghambat Pertumbuhan Otak

Gelombang elektromaghnetik sangat mempengaruhi stabilitas otak, jika music saja yang menjadi mayoritas pengunjung telinga maka gelombang akan menyalur pada otak. Kegiatan mendengar music secara ruti tanpa membatasinya. Kenapa bisa berpengaruh pada pertumbuhan otak?. Bisa dibayangkan jika setiap kegiatan kita hanya dibarengi dengan mendengar music, bisa dipastikan ketika ada orang berbincaang dengan keadaan kita sedang bermusik otomatis kita akan lama untuk mencerna dan memahami apa yang teman kita bicarakan. Karena yang menjadi focus kita tidak hanya perbincangan kita dengan teman akan tetapi, juga music sehingga membuat otak kita lama untuk berfikir. Jika aktivitas ini berlanjut secara continue maka akan dipastikan lambat laun otak kita tidak hanya LOLA (Loading LAma) tapi juga terhambat pertumbuhannya.

  1. Mengganggu Orang Lain

Menjadi kodrat manusia tidak sadar jika dirinya telah menganggu orang lain, begitupun yang akan terjadi demikian jika secara sengaja maupun tidak ketika membunyikan music terlalu keras akan membuat orang lain atau tetangga kita merasa tertanggu dengan music yang kita putar karena selera music setiap orang berbeda, jika music yang tetangga kita sukai kebetulan dengan genre music yang kita sukai mungkin tak jadi masalah. Yang jadi masalah besar adalah jika music yang kita setel keras-keras merupakan music yang paling dibenci oleh tetangga malah akan menjadi boomerang bagi kita sendiri. jadi menjadi peka terhadap lingkungan sekitar penting, akan tetapi kepekaan itu bisa dirusak dengan aktivitas mendengar music disayangkan sekali.

  1. Music Dalam Kehidupan Social Kita

music merupakan hal yang multi fungsi dan banyak mempengaruhi kehidupan seseorang termasuk kehidupan sosialnya. Lirik-lirik dalam music akan membuat seseorang terbuai dan seakan-akan lupa segalanya, bahayanya jika kita sedang berkumpul dengan orang di dalam lingkungan social dengan membawa kebiasaan mendengar music disegala kegiatan maka, akan mempersulit kita untuk berinteraksi dengan orang lain. Musik secara tidak lansung akan membuat seseorang merasa jauh dari orang lain.

Cara Menghindarinya

Caranya agar kita mampu terhindar dari hal-hal diatas yaitu, dengan mengurangi dari aktivitas mendengar music terutama ketika kita sedang berada di tengah-tengah orang lain. Aktivitas mendengar music boleh kita lakukan jika kita sedang sendiri atau berada dalam event-event music. Jangan terlalu sering menggunakan earphone untuk mendengar music karena akan merusak pendengaran dan tidak akan mendengar jika kita dipanggil orang lain.

*gambar dari: https://www.google.com/search?q=gambar+musik&ie=utf-8&oe=utf-8

Foto Profil dari Afifatur Rohmah
Data Diri Nama saya Afifatur Rohmah lahir di Bangkalan, tanggal 07 November 1995. Beragama islam, saya tinggal di jln. Sunan kalijaga No. 7AA, Malang. Saat ini saya menempuh S1 di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. Mengambil jurusan akuntansi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...