Kesehatan / Mata / Tips Menghindari Gangguan Mata Akibat Lama di Depan Komputer

Tips Menghindari Gangguan Mata Akibat Lama di Depan Komputer

  Ketika anda sedang bekerja atau beraktifitas dengan komputer atau laptop, mata sedang anda porsir untuk melakukan tugas berat yang apabila dilakukan terus menerus akan menimbulkan kelelahan, bahkan tidak jarang mereka yang beraktifitas dengan komputer dalam rentan waktu 3 jam atau lebih setiap harinya mengeluhkan gangguan mata seperti: mata perih, kering, terasa seperti terbakar. Ini merupakan gejala-gejala awal gangguan mata yang disitilahakan oleh para ahli kesehatan dengan Computer Vision Syndrome (CVS), CVS ini terjadi akibat aktifitas mata yang tidak normal, seperti mata yang dalam keadaan normal berkedip 21 kali/ menit, namun ketika didepan monitor komputer bisa menurun drastis menjadi 7-4 kali/menit, otot-otot mata bekerja keras untuk berakomodasi dan berkonvergensi (bekerja secara total), apalagi jika diperparah dengan refresh rate monitor yang rendah (kurang dari 75 Hz), untuk menghindari CVS ini perhatikanlah beberapa trik dan tips di bawah ini:

1.Mengurangi Radiasi Layar Monitor

  Pilihlah layar monitor yang radiasinya rendah (Liquid Crystal Display), atau jika tidak, anda bisa memasang filter yang bisa menghalangi kontak langsung mata dengan layar monitor, atau jika anda lebih suka memakai kaca mata dengan lensa khusus untuk komputer, itu lebih bagus, namun usahakan memilih lensa kontak yang mampu mentransmisi lebih banyak pasokan oksigen ke mata, seperti lensa yang berbahan silicon hydrogel.

2.Posisikan Layar Monitor Dengan Baik

  Sebaiknya layar monitor diposisikan lebih rendah, yaitu sekitar + 10-20 cm lebih rendah dari pandangan mata anda, jika terlalu tinggi, maka akan mempercepat penguapan mata anda yang memicu terjadinya mata kering dan perih, di samping itu akan berisiko terhadap leher dan pundak anda.

3.Pencahayaan Warna

  Untuk meringankan beban mata aturlah pencahayaan monitor anda jangan sampai terlalu terang, namun jangan sampai juga terlalu buram. Aturlah posisi duduk anda, usahakan cahaya monitor tidak langsung mengarah ke mata anda.

4.Isirahat Jika Lelah

  Rentan waktu yang dianjurkan oleh para ahli adalah 20-20-20-20, yaitu setelah 20 menit atau lebih beraktifitas di depan layar usahakan beristirahat 20 menit dengan memandang kepada objek yang jaraknya 20 kaki (+ 6 meter), disertai dengan mengedip-ngedipkan mata sebanyak + 20 kali.

5.Memijat Mata Dengan Lembut

  Trik lain yang dianjurkan para ahli kesehatan ketika anda merasakan kelelahan pada mata sehabis beraktifitas dengan komputer dalam rentan waktu yang lama adalah dengan melakukan pemijatan lembut pada kelopak mata anda untuk membantu mata menjadi rileks, lakukan dengan pelan dan lembut kurang lebih selama 10-20 detik, bisa juga dengan disertai pemijatan ringan di daerah kening anda.

6.Buah Mentimun

  Jangan salah! Buah mentimun juga baik untuk mata yang lelah, setelah seharian bekerja di depan layar monitor, kedua bola mata perlu direlaksasi, buah mentimun adalah pilihan yang tepat, berbaringlah dengan santai lalu tempelkan mentimun di atas kelopak mata anda selama kurang lebih 5-7 menit, cara ini terbukti mengembalikan kesegaran pada mata anda.

Penulis: saparuddin

Foto Profil dari saparuddin

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...