Kesehatan / Pola Hidup / Ternyata Duduk Terlalu Lama Berbahaya Bagi Kesehatan

Ternyata Duduk Terlalu Lama Berbahaya Bagi Kesehatan

Duduk, sebuah aktifitas normal dan rutin yang mesti dilakukan oleh manusia setiap harinya, dalam menyelesaikan pekerjaan, melakukan hobi, bahkan ketika bersantai tidak lepas dari kegiatan yang satu ini, namun tahukah anda bahwa melakukan atifitas duduk dalam rentan waktu yang lama menimbulkan berbagai resiko kesehatan tubuh anda? Tahukah anda bahwa melakukan aktifitas duduk berjam-jam setiap hari misalnya menaikkan resiko terkena serangan jantung? Berikut beberapa penyakit dan gangguan kesehatan akibat terlalu lam duduk:

1.Diabetes

Terhambatnya pembakaran kolesterol dalam tubuh akibat duduk dalam rentan waktu enam jam perhari sudah sering diingatkan oleh para pakar kesehatan, kolesterol alias gula darah yang mengendap dalam darah jika tidak dibakar intensif oleh tubuh dengan bergerak dan berolahraga yang cukup akan meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes ini.

2.Nyeri di DaerahPunggung dan Leher

Aktifitas duduk dengan punggung tegak dalam waktu yang lama bisa mengakibatkan rasa nyeri hebat di daerah leher, hal ini dipicu oleh terjadinya peradangan pada tulang belakang, begitu pula sebagian orang yang melakukan aktifitas duduk berjam-jam setiap hari sering mengeluhkan sakit pada pangkal punggung bagian bawah, ini terjadi akibat kekakuan pada otot akibat duduk berlama-lama ini.

3.Serangan Jantung

Hasil riset para ahli kesehatan membuktikan bahwa semakin lama seseorang duduk maka penimbunan lemak semakin menjadi-jadi dan kolesterol akan semakin menumpuk pada darah yang pada gilirannya secara otomatis meningkatkan resiko terkena serangan jantung atau dikenal dengan istilah kardiovaskular.

Untuk mengatasi resiko terjadinya penyakit di atas akibat aktifitas duduk terlalu lama yang terpaksa anda lakukan, perhatikanlah tips-tips di bawah ini:

  • Banyak Minum Air Putih
    Selain memperlancar proses pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh, meminum air putih setidaknya akan membuat anda untuk bergerak sekedar untukĀ  mengambil air dan memungkinkan anda untuk sesering mungkin ke toilet.
  • Bergerak atau Berdiri + 30 Menit
    Setelah berjam-jam anda duduk melakukan aktifitas anda, istrirahatkan tubuh dengan berdiri atau berjalan sekedar 30 menit saja atau berbaring di tempat tidur untuk merefresh dan membuat tubuh jadi rileks kembali.
  • Turun Naik Tangga
    Tahukah anda, menaiki tangga di rumah atau di kantor bisa membakar lemak dan kolesterol tubuh dengan cepat, dari pada anda membeli lift yang lumayan mahal, disamping lebih ekonomis memakai tangga juga sangat efektif membakakar kolesterol jahat dalam tubuh.

Semoga info dan tips kecil ini dapat membantu untuk mengurangi dampak negatif dari duduk terlalu lama.

Penulis: saparuddin

Foto Profil dari saparuddin

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...