Kesehatan / Alternatif / Pepaya Sebagai Obat Alami Berbagai Penyakit

Pepaya Sebagai Obat Alami Berbagai Penyakit

Tanaman pepaya dikenal sebagai tanaman kaya manfaat, hal ini disebabkan hampir seluruh bagian tanaman papaya ini bisa dimanfaatkan, mulai dari akar sampai daunnya berguna bagi manusia maupun hewan.

Khasiat Buah Pepaya Sebagai ObatYayasan Kanker Indonesia pada tauhun 1997 melaporkan tentang manfaat vitamin C dan karoten yang banyak terdapat pada pepaya yang membantu menjaga kesehatan tubuh terutama dalam mencegah kanker. Disamping itu vitamin C sangat penting dalam peningkatan kulitas dan kuantitas sperma, kekurangan vitamin C pada pria dapat menghambat dalam memperoleh keturunan, kualitas dan kuantitas seperma bisa dimaksimalkan dengan asupan vitamin C serta karoten yang terdapat pada buah pepaya.

Pepaya Sebagai Obat Alternatif

a)    Luka Bakar

Gunakan getah pepaya muda lalu oleskan pada luka bakar, atau pepaya muda dihaluskan kemudian dibalurkan pada bagian yang sakit (dikompres).

b)    Jerawat

Gunakan 30gr daun pepaya yang sudah tua dijemur beberapa saat kemudian haluskan, tambahkan 30cc air, kemudian gunakan sebagai masker pada kulit yang berjerawat, atau getah pohon pepaya muda dioleskan pada kulit yang berjerawat, lakukan secara rutin sampai jerawat benar-benar hilang.

c)     Radang Ginjal

Gunakan 30 gr akar pepaya, bersihkan terlebih dahulu, rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 450 cc, saring lalu tambahkan madu secukupnya dan minum 3X sehari masing-masih 150 cc.

d)    Sakit Perut Saat Haid

Gunakan 30 gr daun pepaya, 30 gr kencur, 15 gr buah asam, garam secukupnya ditumbuk hingga halus, tambahkan air secukupnya lalu peras hingga tertampung 200 cc dan diminum saat haid.

e)     Nafsu Makan Kurang

Gunakan 100 gr daun pepaya muda segar dihaluskan, tambahkan 200 cc air matang lalu disaring dan tambahkan madu secukupnya lalu diminum, lakukan 2-3X sehari.

f)      Masuk Angin

Gunakan 60 gr daun pepaya, 20 gr daun sembung, 10 gr jahe, 3 batang sereh, 10 butir cengekeh, ½ sendok the jintan, 30 gr gula aren direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 450 cc, lalu saring dan diminum airnya 3X sehari masing-masing 150 cc.

g)    Penderita Reumatik

Gunakan 60 gr daun pepaya, 15 gr jahe merah direbus dengan 400 cc air hingga tersisa  200 cc lalu disaring dan diminum selagi hangat.

Penulis: saparuddin

Foto Profil dari saparuddin

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...