Kesehatan / Jantung / Penyakit Jantung dan Cara Alami Mengatasinya

Penyakit Jantung dan Cara Alami Mengatasinya

Penyakit jantung merupakan pembunuh nomer wahid di dunia, demikian laporan World Health Organization (WHO) salah satu organisasi yang berafiliasi ke PBB yang menangani masalah kesehatan tahun 2010, dengan raihan yang cukup signifikan yaitu 29% dibanding penyakit-penyakit lain seperti penyakit infeksi yang hanya nangkring di posisi 2 dengan raihan 16,2%.

Penyakit jantung adalah gangguan pada jantung akibat tersumbatnya pembuluh arteri yang bertugas mengirim dan memompa darah ke jantung, apabila penyumbatan ini terjadi terus-menerus, maka akan terjadi apa yang kita kenal dengan serangan jantung.

Tips Jitu Mencegah Penyakit Jantung

Merujuk kepada perkataan para ahli kesehatan, penyakit jantung adalah penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan karena sifatnya yang terkadang datang dengan tiba-tiba, berikut adalah upaya-upaya preventif untuk menghindari penyakit jantung:

  • Melakukan aktifitas jalan kaki dengan rentan waktu + 30 menit/hari mengurangi resiko penyakit jantung.
  • Usahakan banyak-banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat seperti buah-buahan, kurangi makan nasi, jagung, kue-kue, serta makanan-makanan yang manis lainnya karena mengandung kolesterol tinggi yang mengakibatkan obesitas yang pada gilirannya meningkatkan resiko penyakit jantung.
  • Omega 3, serat dan protein yang banyak terkandung dalam kacang-kacangan baik untuk kesehatan jantung.
  • Jangan sekali-kali merokok karena elastisitas pada pembuluh darah akan berkurang dengan menghisap rokok sehingga memicu terjadinya stroke dan penyakit jantung.
  • Pola hidup sehat dengan menghindari minuman yang mengandung alcohol disertai dengan berolah raga dengan teratur.

Gejala-gejala Penyakit Jantung

Gejala-gejala umum yang timbul pada seseorang yang jantungnya bermasalah sehingga menaikkan resiko terkena penyakit jantung di antaranya adalah :sakit pada dada yang disertai nyeri-nyeri, mudah pingsan disertai dengan sering pusing-pusing, gangguan pernapasan/sesak nafas dan jantung seing terasa berdebar-debar disertai dengan tenaga yang lemah serta cepat capek dan lelah.

Obat Alami Penyakit Jantung

Berikut ini adalah obat-obat alami yang disediakan oleh alam untuk penyakit jantung:

1. Kunyit

Fungsi kunyit sebagai peluruh kolesterol pada darah sehingga mengurangi resiko tersumbatnya pembuluh darah sudah banyak diketahui masyarakat. Cara pembuatan: ambillah 4 ruas kunyit yang masih segar lalu parut, setelah diparut tuangkan air panas (kurang lebih setengah gelas) pada parutan kunyit tadi selama + 15 menit, lalu saring, hasil saringan tadi bisa anda tambah dengan madu lalu minum.

2. Sukun

Kandungan flavonoid serta sitosterol pada daun sukun berguna bagi jantung juga pembuluh darah, zat-zat tersebut mampu menurunkan kadar kolesterol pada darah. Cara pembuatan: petiklah daun sukun yang sudah agak tua dari pohonnya kemuidian rebus dengan lima gelas air, biarkan sampai airnya berkurang hingga setengahnya, setelah itu tuangkan lima gelas air bersih lagi sampai hilang setengahnya, lalu saring dan minum air saringan tadi, lakukan hal ini sampai 7 hari.

3. Ubi Jalar

Kandungan fitinutrien pada ubi jalar efektif memperlancar peredaran darah, menekan kolesterol darah sehingga efektif mengurangi pernyakit jantung.

Penulis: saparuddin

Foto Profil dari saparuddin

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...