Kesehatan / Alternatif / Manfaat Buah Delima dan Jambu Biji untuk Kesehatan

Manfaat Buah Delima dan Jambu Biji untuk Kesehatan

Betapa banyak obat-obat alami tradisional disekeliling kita, minimnya pengetahuan serta masifnya promosi obat-obat kimia yang notabene berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia dalam jangka pendek maupun panjang seakan meredupkan pamor obat herbal yang dimiliki oleh bumi tanah air tercinta kita, berikut kami ulas beberapa obat alami disekitar kita yang berkhasiat sebagai obat, kali ini kami akan mengulas dua macam buah yang lumayan akrab dengan kita, namun tidak banyak yang tahu bahwa dua buah itu memiliki khasiat yang istimewa.

1.Jambu Biji

  Buah ini bisa tumbuh mudah di pekarangan rumah, Jambu Bangkok sempat menurunkan popularitsanya, namun penelitian demi penelitian yang dilakukan oleh para ahli kembali menyadarkan masyarakat akan khasiat dan keistimewaan buah yang satu ini.

  Jambu Biji (Psidium guajava) dapat tumbuh subur pada ketinggian + 1200 m di atas permukaan laut, buah yang satu ini tersebar luas di berbagai negara khususnya negara-negara di benua Asia, populer dikalangan masyarakat jawa dengan nama Tokal, Bayawas dan Tetokal, Jambu Bender (Madura) ,Jambu Batu (Sunda) dan Nyambu Batu (Sasak/Lombok).

Satu biji Jambu Batu dan daunnya memiliki kandungan tanin, minyak atsiri, asam ursolat, asam kratogolat, dan asam psidiolat.

Khasiat Obat

  Sejak dahulu kala Jambu Biji dipakai oleh masyarakat tradisional sebagai obat, seiring dengan berbagai riset yang dilakukan para ahli kepopuleran buah ini sebagai buah obat semakin terangkat, berikut adalah beberapa penyakit yang insyaalah bisa disembuhkan dengan Jambu Batu:

a)    Maag

Untuk terapi maag atau gangguan lambung, ambillah delapan helai daun jambu biji yang masih fresh, rebus dengan + 1,5 ltr air hingga mendidih, pakailah saringan untuk mengambil airnya, lalu minumlah dengan rutin 3 X sehari.

b)    Sariawan

Untuk sariawan, ambillah kurang lebih segenggam daun jambu biji ini, tambahkan sepotong kulitnya, lalu rebus disertai dua gelas air, tunggu hingga mendidih, kemudian saring untuk mengambil airnya, lantas diminum minimal dua kali sehari sampai sembuh.

c)     Kencing Manis

Untuk membantu penyembuhan kencing manis, ambillah satu buah jambu biji setengah matang, lalu bagilah menjadi empat bagian dan rebus dalam satu liter air hingga mendidih, saring untuk memperoleh airnya, kemudian minumlah dengan rutin 2X sehari, pagi dan sore.

Lihat khasiat buah delima di halaman 2..

Penulis: saparuddin

Foto Profil dari saparuddin

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...