Kesehatan / Alternatif / Beberapa Obat Batuk Alami

Beberapa Obat Batuk Alami

Batuk merupakan penyakit umum yang diderita oleh kebanyakan masyarakat, batuk terjadi sebagai reaksi tubuh terhadap masuknya unsur-unsur asing dan merugikan bagi tubuh terutama saluran pernafasan, seperti debu atau kuman yang mengganggu selaput lendir di tenggorokan, sehingga terkadang pada jenis batuk tertentu disertai dengan rasa sangat gatal pada bagian tenggorokan, dikenal beberapa macam jenis batuk di antaranya: batuk rejan yang diistilahkan juga dengan batuk pertusis, batuk asma, batuk bronchitis, batuk berdahak dan batuk kering.

Banyak tersedia obat-obat batuk konvensional yang dijual luas di pasaran, namun seiring dengan kesadaran masyarakat akan dampak negatif penggunaan obat kimia bagi kesehatan tubuh dalam jangka panjang, maka semakin banyak masyarakat yang beralih menggunakan obat-obat alami tradisional yang praktis, mudah didapat dan tanpa efek samping yang berarti.

Berikut adalah beberapa obat batuk alami yang bisa anda pilih sebagai alternatif obat batuk konvensional yang ada di pasaran:

1.Ramuan Jeruk Nipis

Jeruk nipis telah dikenal luas sebagai obat batuk tradisional oleh masyarakat. Cara pembuatan: ambil satu buah jeruk nipis segar disertai gula batu dan beberapa lembar daun sirih. Belahlah buah jeruk nipis tadi menjadi dua lalu taruhlah daun sirih pada belahan jeruk nipis tadi, biarkan beberapa saat, setelah itu bakarlah jeruk nipis yang dibaluri daun siri tadi sampai keluar buihnya, setelah itu peras jeruk nipisnya lalu taruhkan segera gula batu, kemudian minum.

2.Daun Kayu Putih

Cara pembuatan: rebuslah kurang lebih 10-15 gr daun kayu putih dengan panci disertai dengan +3 gelas air minum, biarkan dalam rebusan sampai airnya tersisa hanya sekitar satu gelas, kemudian anda bisa meminum air rebusan daun kayu putih tadi ketika sudah agak dingin namun masih hangat.

3.Belimbing

Tepatnya jenis belimbing wuluh, buah yang satu ini dikenal dengan rasa khasnya yang asam, namun jangan salah! Buah ini juga adalah obat batuk alami yang efektif. Cara pembuatan: sediakan sepuluh belimbing wuluh, cuci sampai bersih lantas diparut sampai halus, taruh dalam sebuah gelas, taruhkan air dan garam secukupnya, kemudian campuran tadi anda saring lalu buang ampasnya, lalu minum hasil saringan tadi sampai anda sembuh.

4.Jahe

Cara pembuatan: ambillah satu ruas jahe, cucilah sampai betul-betul bersih terlebih dahulu, kemudian irislah menjadi dua atau tiga irisan, lalu taruhlah pada segelas the hangat yang terlebih dahulu anda buat, minum dua atau 3 kali sehari, insayaallah batuk anda akan reda.

Penulis: saparuddin

Foto Profil dari saparuddin

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...